Selasa, 21 Desember 2010

Gatal di selangkangan/daerah lipatan tubuh karena jamur dan cara mengatasinya

Pernah gatal di daerah selangkangan? Pasti menderita banget. Itu yang dialami temanku selama 3 bulan! Dia sering curhat. Katanya tersiksa banget. Awalnya, kata dia, timbul bercak merah agak kecoklatan di area sekitar kemaluan (maaf). Karena gatal banget, terus aja dia garuk sampai kulitnya lecet. Otomatis, gatalnya melebar ke perut sampai payudara (maaf). Dia juga cerita kalau dia pernah nangis saking nggak tahan sama gatalnya itu. Akhirnya setelah 3 minggu-an kayak gitu, dia ke dokter. Si bu dokter bilang kalo gatalnya itu disebabkan jamur. Bu dokter terus nyuntik dia, sama dikasih salep anti jamur dan beberapa pil. Tapi ternyata katanya, tuh obat sama sekali gak ada pengaruhnya! Bayangkan!
Suatu hari, dia cerita sama buliknya yang kebetulan juga pernah menderita hal yang sama. Si bulik ngasih beberapa tips:
1. Mandi dengan air panas/hangat memakai sabun Dettol (ini sama sekali bukan promosi! Ini berdasarkan pengalaman pribadi temanku). Kalo gak salah yang dia pake waktu itu sabun Dettol yang warnanya kuning.
2. Diamkan selama 3-5 menit. Lakukan setiap mandi
3. Jangan lupa sabun Dettolnya harus kena di area badan yang gatal. Pertama, memang perih banget. Tapi kalo udah selesai mandi, lukanya akan mulai mengering.
4. Jangan ganti sabun dulu selama masa penyembuhan. Terus pakai sabun Dettolnya sampai kulit yang lecet tadi benar-benar kering.
5. Setelah mandi, keringkan tubuh sekering-keringnya. Karena air (terutama keringat) akan membuat gatalnya kambuh.
6. Daan...jangan digaruk kalo gatalnya kambuh! Yang ini paling susah. Abis kata temanku, gatal buanget. Tahan sebisa mungkin. Kalo digaruk, kulit yang tadinya udah mulai kering jadi lecet lagi.


Oh ya, bisa juga pakai balsem yang panas. Olesin ke kulit yang lecet. Tapi ini juga pedih banget.

Di atas adalah saran temanku. Ingat, ini bukan promosi sabun. Temanku pengen berbagi pengalaman. Kalo gak digaruk, proses pengeringan kulitnya akan cepat. 1-2 minggu hasilnya akan keliatan. Yang lama itu perubahan warna kulit yang lecet tadi menjadi warna seperti sediakala. Aku harap semoga saran-saran di artikel ini bisa sedikit membantu. Ok, semoga sukses! Cayo!

9 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Sabun dettolnya yang mana yah? Sabun cair atau yang padat?

    BalasHapus
  3. Sabun dettolnya yang mana yah? Sabun cair atau yang padat?

    BalasHapus
  4. Saya mah pakai dettol antiseptic...gatal banget. Sampek gk bsa tidur

    BalasHapus
  5. Pake Dettol kena kulit, malah bikin ganti kulit. sebenarnya bahaya ga sih dettol digunakan secara langsung tanpa dilarutkan ke kulit. yang dampaknya kulit jadi ganti kulit. kalo di petunjuknya sih di larang

    BalasHapus
  6. Yang benernya pakai sabun detol yg cair atau padat?
    Makasih

    BalasHapus
  7. kalau saya pakai dettol antiseptik, tuang aja campur ke air terus disiram ke bagian yang gatel.. awalnya perih tapi dingin kok lama lama

    BalasHapus
  8. Sabun dettol warna apa yg bisa ngilangin gatel

    BalasHapus