Senin, 18 Juni 2012

Pengalaman Diet Saya

Kali ini saya mau share pengalaman diet saya. Pas kelas 3 SMA kemarin, BB saya menembus angka 60 kg dengan TB yang hanya 155 cm. Tapi syukurlah semua mengiranya BB saya di kisaran 55, hihi.

Saya diet pas lagi mid semester 1. Tiap hari hanya sarapan dan terkadang makan siang. Cuma, nggak pernah makan malam. Juga rutin konsumi segelas perasan air jeruk nipis dicampur air putih. Dua kali sehari: pagi setelah/sebelum sarapan dan malam sebelum tidur. Hasilnya, BB turun 2 kg dalam seminggu, jadi 58 -_-" *lalala~ senangnya hatiku*.

Cuma, saya ini orangnya emang gak konsisten kalau soal makanan. Setelah diet, balik ke habit asal. Jadinya, yaaa naik lagi deh, hehe.

Pernah juga nyoba mengonsumsi teh pelangsing. Hari pertama, emang bikin mules dan nafsu makan jadi hilang. Tapi cuma hari pertama lho ya. Hari kedua dan seterusnya, nggak ngefek lagi. Mungkin perut saya udah kebal kali ya ? ?

Buat teman-teman yang mau diet, ada beberapa tips dari saya. Semoga berguna.

1. Disiplin dan konsisten. Ini nih yang paling penting. Buat apa kalau hari-hari pertama semangat, tapi hari berikutnya jadi kendur lagi. Percuma kan? Paling gak, kamu udah bisa konsisten selama 2 atau 3 bulan, udah bagus banget. Jangan kayak saya, cuma seminggu
*garuktanah*

2. Olahraga. Cara termudah dan teraman buat langsing, ya olahraga. Sehari sejam saja cukup. Tapi buat kamu yang malas olahraga, geraknya diperbanyak. Main sama anak kecil, nyapu, ngepel, nyuci baju, bersihin sarang laba-laba, nyikat toilet, nyuci motor, nyiram bunga. Pokoknya, intinya banyak gerak.

3. Perbanyak serat. Banyak-banyak makan sayuran. Kalau menurut saya sih, utamakan sayur daripada buah. Bukannya bermaksud mengintimidasi si buah. Kamu tau kan kalau buah lebih banyak mengandung gula daripada sayur. Tetap makan buah, tapi jangan berlebihan. Dan satu lagi, masih banyak aja yang nanya: 'sayur bikin gemuk gak sih?' Heloo saya bilangin yah, sayur gak bakal bikin kamu gemuk. Sayur cuma ngasih efek kenyang karena seratnya bikin cepet kenyang. Dan seratnya tuh gampang dikeluarin lewat pup :-D

4. Sarapan. Jangan pernah ngelewatin yang namanya sarapan! Sarapan penting banget, dan kalau bisa, sarapannya pake nasi yah. Coz kalau gak sarapan, kamu bisa makan banyak pas siangnya a.k.a kalap.
(pengalaman pribadi \^_^/ )

5. Banyak minum air putih. Air putih bantu buang racun dari tubuh. Naah daripada buang duit, kalau mau hangout atau pergi-pergi, siapin sebotol air putih dari rumah. Daripada kamu di jalan beli minuman soda. Lumayan, menghemat uang dan mengurangi pemasukan kalori, hehe.

6. Makan setelah lapar dan berhenti sebelum kenyan. Ini yang disabdakan Nabi Muhammad.


Oke, itu aja dari saya. Semoga berhasil. Ada yang mau menambahkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar