Rabu, 03 Oktober 2012

Hemat ala anak kos

Yeeei, hampir dua bulan ini aku jadi anak kos. Dan tentu aja harus nerapin gaya hidup hemat buat menjaga uang di dompet biar nggak terbuang sia sia. 2 minggu pertama, aku masih 'cukup boros'. Karena, kan masih adaptasi sama harga harga di daerah lama. Juga masih beradaptasi dengan gaya hidup zaman SMA dulu. Sekarang sih, udah lumayan bisa mengontrol pengeluaran.
bloggingpro.com

1. Kos
Rata rata harga kos di sini (aku kuliah di Solo) berkisar antara 150 sampai 400 ribu. Kalau kos aku harganya 250 ribu. Biasanya, yang 400 ribu ke atas, itu dapet kamar mandi dalam. Kalo cari kos, usahakan
cari yang dekat dengan kampus atau tempat kerja. Supaya nggak keluar uang transport. Yaa maksimal 1 km dari kampus atau tempat kerja. Kalo kos aku, tepat berada di samping kampus. Jadi, enak. Kalau mau kuliah, jalan aja. Kalian juga harus liat liat tempat kos. Kalo 150 kamar mandinya bersih, why not? Soalnya biasanya yang kosnya murah, wc nya jorok.

2. Makan
Harusnya, biar hemat setidaknya kita masak nasi sendiri. Jadi tinggal beli lauknya. Tapi karena aku males, beli deh. Hehe. Rata rata di sini, 3 ribu udah dapet nasi, sayur dan gorengan. Biasanya aku kalo pagi cuma beli nasi kucing yang harganya seribuan. Kalo malem aku cuma beli sayur (aku diet *modus). Jadi rata rata aku sehari makannya 7 ribu ke bawah. Oh ya jangan lupa nutrisi juga ya. Aku biasanya beli lauk ayam atau ikan seminggu sekali. Dan jus buah dua atau satu kali seminggu. Kalau jajan, cobalah jajan yang sehat. Seperti rujak, atau pisang rebus, atau jamur goreng. Jangan beli pentol mulu haha. Oh ya, buat minum, masak sendiri aja atau gak, beli yang galon sekalian. Biar lebih hemat. Jangan tiap haus beli aqua mulu. Boros kan. Galon sekali isi rata rata 5 ribu. Dan cukup buat seminggu. Lumayan kan.

3. Jajan
Kalian harus bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Keinginan bisa ditunda lain waktu. Aku jarang jajan, soalnya aku nggak suka jajan. Jangan keseringan jajan. Soalnya uang yang kita habiskan
buat jajan bisa dipakai buat makan nasi atau bahkan ditabung. Pokoknya, hidup prihatin.

4. Rekreasi
Sebulan sekali, bolehlah kita rekreasi. Menghilangkan penat. Bisa ke bonbin, mall, taman bermain, pantai. Kalo aku cenderung ke alam, kayak sungai, taman, waduk. Dan kalo ke mall, jangan sampai beli barang yang nggak perlu. Ya sekedar cuci mata aja lah.

5. Cuci baju sendiri. Jangan laundry, boros. Aku laundry cuma pas ada acara tertentu. Misalnya pas ada outbond. Kita disuruh guling guling di sawah. Kan kotor banget ya? Makanya aku laundry. Untuk sehari hari,
aku cuci baju sendiri.

6. Kalo mau pergi bareng bareng, kadang malah murah pakai taksi lho, daripada angkot. Misalnya orang lima mau ke mall, 20 ribu. Berarti satu orang 4 ribu. Kalo naik angkot ntar turun di sini, terus naik yang jurusan lain turun di sana, malah bisa abis 10 ribu. Tapi ya kalo cuma ke pasar, mending naik angkot aja. Pokoknya, kita harus pintar pintar cari yang lebih hemat.

7. Pulsa. Kalo mau isi pulsa, sekalian banyak aja. Aku kalo isi pulsa biasanya langsung 25 ribu. Dan lumayan bertahan satu bulan. Kalian juga harus pintar pintar cari provider yang menyediakan harga miring.
Buat telpon atau sms aku pake indosat. Buat internetan aku pake axis atau tri.

8. Catat semua pengeluaran. Mulai dari hal paling kecil sekli pun. Ini dipakai buat evaluasi kalau kalau kita ngerasa boros.

Okee, itu aja dari aku. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar