Sabtu, 05 Januari 2013

Cara mencerahkan wajah

Desember kemarin, saya pulang kampung ke Pekalongan untuk pertama kalinya setelah sekitar 4 bulan masuk kuliah di Solo. Daan banyak teman dekat yang tanya macam-macam. Salah satunya: "Heh Fi, mukamu bersihan sekarang. Kok bisa? Padahal dulu dekil!"
Saya ketawa aja dibilang dekil. Memang, nggak cuma teman aja yang komen gitu. Adek saya juga ikutan komen: "Mbak, sekarang mukanya cerah yo!"

4 bulan hidup di Solo mulai membuka mata saya terhadap banyak hal. Nggak terkecuali tentang bagaimana merawat tubuh, termasuk merawat wajah.

Dan di bawah ini saya kasih tips mencerahkan wajah. Ingat ya, mencerahkan! BUKAN memutihkan! Dan lagi, ini saya lakukan sendiri di kos. Nggak pake perawatan di salon sekali pun.

1. Jaga kebersihan wajah. Dulu pas SMA saya mah nggak peduli mau wajah kayak wajan penuh minyak :p , sekarang baru nyadar. Untuk menjaga kebersihan, cukup dibasuh pakai air saja. Biasanya saya pake face wash sebelum berangkat ke kampus dan sebelum tidur. Jadi pake face wash cuma dua kali sehari. Jangan berlebihan, justru akan mengurangi kelembaban alami wajah.

2. Pakai krim. Untuk malam, saya rutin pake krim malam. Jadi sebelum tidur, cuci wajah dulu pake face wash. Terus, dikasih krim malam. Tapi kalo lagi malas pake krim malam, biasanya saya pake minyak zaitun aja. Kalo krim siang, saya agak ogah-ogahan juga. Abisnya, kerasa lengket di wajah. Jadi, males, hehe. Biasanya sih cuma pake moisturizer gel ya. Kenapa saya pake gel, bukan cream? Karena muka saya cenderung oily.

3. Masker dan scrub. Sesekali scrub wajah, biar sel kulit mati nggak numpuk. Cukup seminggu sekali. Masker juga, cukup seminggu sekali. Biasanya saya tiap habis scrubbing wajah, saya pakein masker.

4. Minum air yang cukup. Minum air yang cukup membantu menjaga kadar air dalam tubuh. Supaya kulit nggak kering dan tetap lembab.

5. Pake bedak bayi. Bedak bayi bikin kulit halus dan dijamin sangat aman untuk kulit jenis apa pun. Bedak padat kadang bikin kulit malah jadi cakey.

6. Makan banyak buah dan sayur. Ini klise banget, tapi nggak salah! Buat apa kamu udah repot-repot rawat dari luar tapi nutrisi dari dalam nggak ada? Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang bagus buat kulit. Fitokimia kayak likopen bisa mencerahkan kulit dari dalam. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen (jaringan ikat yang bikin kulit kenyal). Dan vitamin E buat mengurangi keriput. Nggak lupa zinc mencegah jerawat. Daan, masih banyak lagi mineral dan vitamin lain yang bagus banget buat kulitmu. Nggak usah minum suplemen vitamin. Karena nggak bagus buat jangka panjang. Ada yang alami, kenapa malah pilih yang sintesis sih?


Kalau tips saya dijalani dengan disiplin, insya Allah maksimal 2 bulan hasilnya udah keliatan. Oh ya, untuk merk krim, moisturizer, face wash, cari yang sesuai jenis kulit. Daan, jangan pernah beli produk nggak jelas (kayak krim2 racikan dokter yang bahkan dokternya praktek di mana aja nggak tau! Atau krim super mahal kayak walet, tabita, yang jelas-jelas terbukti bermerkuri!). Mending beli yang produsennya jelas, kayak ponds, garnier, nivea, maybelline, wardah, oriflame, clarins, the body shop, and so on. Aku sendiri, pake krim dan moisturizer wardah. Minyak zaitun juga wardah. Dan face wash aku pake
oriflame.

Segitu aja dari aku. Selamat mencoba!

2 komentar: