Jumat, 27 Juli 2012

Komentar oh Komentar

Kayaknya udah jadi tabiat kita ya, sukanya ngomentarin urusan orang
lain. Aku pribadi benci banget yang namanya dikomentarin atau sok tau
ngasih saran ini itu ke aku, kecuali aku yang minta. Mau itu adek kek,
ortu kek, temen kek, apalagi orang yang gak kenal. Kalau
ngomentarinnya sekali dua kali tiga kali sih gak apa apa yah. Tapi
kalo udah beratus ratus kali, kok kesannya 'kuping lo budeg yah?'
gitu. Apalagi yang namanya main komentar fisik. Duh makan ati banget.
Pernah ada yang bilang ke aku: "Mbak Fi, kamu gendut banget kayak
gentong! Makannya berapa piring sehari?" Iya, meskipun nadanya
bercanda, tapi tetep aja rasanya kayak ada petir menyambar di siang
bolong. Dalam hati: "Aduh ni emak emak gak nyadar ya kalo anaknya jauh
lebih subur dibanding aku?"

Makanya, aku gak pernah ngomentarin fisik orang lain. Mau dia gendut
kek, kerempeng kek, semok kek, that's not my business! Kecuali ya
kalau dia sendiri yang minta komentar aku. "Eh aku naek 5 kg nih,
keliatan gak?" Aku bakal jawab: "Iya, keliatan".

Terus ada lagi, misalnya aku lagi nyetrika. "Eh spraynya jangan banyak
banyak ya" Aku iyain. Terus komen lagi: "Nih, bagian kerahnya belum
halus". Aku iyain. Lagi: "Bagian punggung juga Fi". Udah mulai gondok.
"Aduh kok basah gini, aernya kebanyakan mesti" Bener bener gondok! Aku
cabut kabel setrika. Langsung deh aku ngeloyor tinggal pergi. Orangnya
cuma bengong. Aku emang gitu. Suka langsung ngeloyor kalo udah kesel.
Daripada marah ngeluarin kata kata gak jelas yaa mending ditinggal
pergi deh.

Ada juga saudara yang suka ngasih nasehat. "Mbak Fi di rumah harus
rajin..", "Mbak Fi bantu ibu..", "Mbak Fi jangan makan banyak biar gak
gendut..", "Mbak Fi jangan tidur terus kerjaannya.." dan bla bla lagi.
Aduh padahal ya anaknya udah gendut, manja lagi. Jangankan nyuci,
nyapu aja gak pernah anaknya. Anaknya aja kuliah pake jasa laundry
mulu. Pembantunya banyak pula. Makanya aku suka heran. Ni emak satu
kok suka banget ya sok nasehatin orang.

(tbc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar