Minggu, 19 Agustus 2012

Antara murid dan guru

Sebelumnya aku minta maaf kalau isi posting ini OOT (out of topic). Bingung sih, mau kasih judul apa *huehehee. Sekali lagi mohon maaf kalau tulisannya cenderung subyektif daripada obyektif, maklum, amatir.

Semua pasti punya guru favorit di sekolah masing-masing. SD, SMP, SMA bahkan di perkuliahan. Di SD dan SMP, guru favoritku cewek. Di SMA, cowok.

Kenapa beliau beliau bisa jadi guru favorit buatku? Pertama, mereka sabar. Menerangkan pelajaran pakai otak, gak pakai eSmosi. Kedua, mereka kreatif. Gak tiap hari kerjanya cuma ngasih teori teori yang membosankan, diselingi juga dengan praktek lapangan atau game yang seru. Ketiga, mereka tahu cara mengambil hati murid muridnya. Mereka emang gak terlalu deket sama murid. Tapi mereka bergaulnya lebih friendly, gak sok ke-guru-an. Soalnya ada juga guru yang arogan. Tapi meskipun mereka friendly abis, kami sebagai murid tentu saja paham batasan batasan antara guru dan murid yang gak boleh dilanggar. Kami, tetap menghormati beliau beliau.

Pas SMA dulu, ada guru cewek yang aduh, nyebelin abis. Bikin bete, membosankan, menyebalkan, PEMARAH lagi. Lengkap deh. Jadi dia tiap waktunya ngajar, emang masuk. Tapi cuma ngasih tugas doang, terus duduk duduk di depan kelas sambil telpon telponan gak jelas. Kalau gak telponan ya ngobrol sama guru lain. Tugasnya juga gak pernah dikoreksi. Perlu digaristebal: GAK PERNAH NGAJAR/MENJELASKAN MATERI. Kalau bahasa kasarnya sih, dia terima gaji buta. Jujur aja, aku gak
naruh hormat sedikitpun dengan guru macam gini. Gak cuma aku, temen temenku juga hobi banget ngomongin nih guru. Ada juga guru cowok yang ganjen banget. Sukanya ngegodain murid cewek.

Ngomong ngomong masalah cara mengajar, aku juga punya guru favorit. Bu Dyah (guru bhs Inggris kelas XI), ngajarnya enaaak banget. Penyabar juga. Beliau ini pinter bikin muridnya hafal vocab. Terus, ada Bu Lisa (guru matematika kelas XI IPA) juga orangnya sabar banget, ngajarnya juga enak. Biasanya sih, guru2 mtk suka pada frustasi, soalnya muridnya gak paham2 materi hehe. Di kelas XII, ada Bu Nur (biologi)
yang ampuun gak pernah marah, hehe. Beliau ini guru pualing sabar yang pernah kutemui. Udah gitu, orangnya sabar, keibuan dan cara mengajarnya bikin kami cepat paham. Untuk guru cowok, ada Pak Mul
(fisika kelas XII) yang mukanya kayak baby face. Gaya mengajar Pak Mul dipenuhi dengan rumus praktis. Tapi yang paling penting sih, beliau ini suka menjelaskan rumus2 dengan logika yang amat sangat bisa diterima akal, hehe.

Oh ya, zaman sekarang kan ada ya guru yang sukanya ngajar pakai laptop, alias bikin materi dalam bentuk power point. Sebenarnya bagus. Cuma, kalau tiap ngajar pake laptop melulu, muridnya bisa bete. Bikin
ngantuk. Jadi, pakai laptop yaa gak usah terlalu sering. Mungkin bisa sekali tiap empat atau tiga pertemuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar